KSOP Kendari Dukung Pemprov Sultra Tingkatkan Komoditi Ekspor

Metro Kota36 Dilihat

KENDARI, LONTARASULTRA.COM – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Kendari, siap mendukung peningkatan aktivitas ekspor di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Tercatat, sepanjang awal tahun hingga di Februari 2024, telah dilaksanakan dua kali ekspor hasil komoditi pertanian dan perikanan ke luar negeri, di Pelabuhan Kendari New Port (KNP).

Kepala KSOP Kelas II Kendari, Capt Raman mengatakan, pihaknya mendukung agenda pemerintah provinsi dalam ekspor keluar negeri. Menurutnya, dengan ekspor mampu membangkitkan perekonomian masyarakat di Sultra.

“Kita selaku KSOP sangat mengapresiasi kegiatan ekspor baik itu hasil pertanian maupun perikanan, makin banyak ekspor tentu sangat berdampak bagi perekonomian masyarakat di Sultra,” kata Capt Raman saat ditemui di pelabuhan KNP, Selasa 20 Februari 2024.

Capt Raman menjelaskan, tugas KSOP pada hakikatnya adalah memastikan keberangkatan kapal di setiap pelabuhan agar bisa berjalan dengan baik. Olehnya itu, perlu sinergitas dengan berbagai stekholder di pelabuhan.

“Tugas kami hanya memastikan kapal bisa berangkat, tentu sebelum kapal berangkat harus mengantongi izin dan keabsahan barang yang akan dimuat, makanya harus ada kerjasama dengan Pelindo, serta beacukai, ketika sudah lengkap maka pasti kapal diberangkatkan,” jelas Raman.

Penulis: Nabil Artha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *