Survei Indikator, Aksan Jaya Putra Puncaki Siska dan Giona

Metro Kota, Politik155 Dilihat

KENDARI, LONTARASULTRA.COM – Pilwali Kota Kendari akan digelar 27 November 2024 mendatang. Siapa yang paling berpeluang meraih kursi 01 Kendari sudah sedikit terkuak.

Bocoran survei opini publik Kota Kendari yang dilakukan oleh Indikator, menyebutkan Aksan Jaya Putra (AJP) unggul jauh atas dua pesaing terdekatnya, yakni Siska Karina Imran (SKI) dan Sitya Giana Nur Alam (SGA)

Dalam slide survei yang dilaksanakan 3-11 Mei 2024 itu, menampilkan simulasi elektabilitas tiga kandidat. AJP berhasil memimpin jauh dengan selisih signifikan hingga 15 persen.

Aksan yang diprediksi sejumlah pihak bakal memenangkan pilwalkot Kendari mencatat elektabilitas di angka 35,8 persen, disusul SKI 19,1 dan SGA 18,2 persen. Mereka yang belum menentukan jawaban dan pilihan di angka 26,9 persen.

Pihak Indikator belum memberikan konfirmasi terkait hasil survei yang sedang heboh dan menjadi perbincangan di media sosial, sejak Senin malam, 13 Mei 2024.

Bocoran ini, menurut pengamat politik, Andi Taufiq Aris (ATA), bukan sesuatu yang mengejutkan. Keunggulan AJP memang sudah banyak diprediksi sejumlah kalangan.

“Salah satu variabel utama AJP bisa mendominasi dalam elektabilitas karena dinilai sebagai salah satu kandidat yang paling siap. Baik soal ketersediaan dukungan partai, sampai kesiapan finansial,” ujar Direktur Mitra Demokrasi Indonesia itu, Rabu (15/5/2024).

Belakangan ini, AJP memang salah satu kandidat yang sudah mengantongi SK Bakal Calon Wali Kota dari Golkar. Ini melahirkan persepsi publik AJP akan maju. Apalagi, dia menjadi satu-satunya yang direkomendasikan oleh DPD II Golkar Kota Kendari.

Selain itu, Taufiq tidak menampik secara personal, AJP dianggap sebagai sosok prestisius dan bisa membawa Kota Kendari lebih baik ke depan.

Pada pileg 2024, AJP yang juga Ketua Fraksi Golkar DPRD Sultra, kembali terpilih lewat Dapil Sultra I dengan tren perolehan suara meningkat positif.

Ketua MKGR Sulawesi Tenggara (Sultra) itu juga sukses menjadi motor penyangga optimalnya perolehan suara Golkar bukan hanya di level provinsi, tapi juga Kota Kendari. Dapil DPRD Sultra 1 memang meliputi Kota Kendari.

Selaku Wakil Ketua Bappilu Golkar Sultra, AJP seperti sumbu yang membuat sepak terjang Golkar di pileg menjadi sangat positif.

Golkar Kendari berhasil meraih kursi Ketua DPRD dengan torehan enam kursi. Raihan ini menggembirakan mengingat Golkar Kendari membutuhkan hanya satu kursi tambahan untuk bisa mengusung calon wali kota di Kendari.

“Posisi unggul dalam survei ini diyakini akan semakin meyakinkan DPP Golkar bahwa AJP yang paling bersyarat merengkuh rekomendasi calon wali kota dari partai pemenang di Kota Kendari itu. Kalau DPP objektif, tidak ada selain AJP,” tukas Taufiq.

Secara individual, AJP juga menjadi sosok yang banyak dibicarakan karena catatan-catatan prestasi personalnya. Pada tahun 2022, AJP dianugerahi The Best Leadeship dari Indonesia Magazine Achievement. Di tahun berikutnya, AJP juga mengantongi penghargaan Sultra Award Kendari Pos 2023.

Penulis: Nabil Artha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *