Usai Tetapkan Status Darurat Banjir, Pemda Konut Keciprat Bantuan Dana Siap Pakai BNPB RI

Daerah131 Dilihat

KONUT, LONTARASULTRA.COM – Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut), menetapkan status darurat bencana banjir yang melanda beberapa kecamatan setempat.

Situasi bencana alam tersebut, menyulut perhatian Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) RI dengan menyalurkan bantuan dana siap pakai
ratusan juta rupiah sebagai bentuk dukungan operasional penanganan darurat banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

“Alhamdulillah, setelah kita tetapkan Konawe Utara tentang darurat bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung kita laporkan ke BNPB. Kemudian BNPB dengan tanggap memberikan bantuan sejumlah sarana dan prasarana serta dana siap pakai sebesar Rp150 juta,” kata Ruksamin usai menerima bantuan, Rabu (15/5/2024).

Bupati Konut dua periode itu menyampaikan terima kasih kepada BNPB RI atas perhatiannnya dengan menyalurkan bantuan atas situasi bencana banjir di Konut.

“Kami atas nama Pemda Konut mengungkapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada BNPB. Karena kami tahu bukan hanya Konut yang mendapat bencana ini beberapa titik di seluruh Indonesia, ada yang gunung meletus, banjir, dan angin puting beliung,” bebernya.

“Sehingga itu juga masih menjadi perhatian dari BNPB tanpa terkecuali Konawe Utara, dan saya ucapkan sekali lagi terimakasih, BNPB sudah berada di Konawe Utara memberikan bantuan,” tambahnya.

Politisi PBB itu menuturkan, pihaknya akan terus memantau dan melaporkan perkembangan bencana banjir yang terjadi di Konawe Utara.

“Kita juga akan kembali turun lapangan, kali ini dengan BNPB, rencana BNPB sampai hari Sabtu, tergantung situasi dan kondisi,” tutupnya.

Tempat sama, Direktur Optimasi Jaringan Logistik dan Peralatan BNPB RI, Yus Rizal mengatakan, mewakili pemerintah pusat memberikan dukungan dan supporting kepada Pemda Konut dalam rangka penanggulangan bencana. BNPB tanpa terkecuali siap memberikan dukungan kepada pemda yang tertimpa bencana.

“Kami atas nama pemerintah pusat siap memberikan dukungan dalam rangka penanggulangan bencana dimanapun termasuk Konawe Utara,” kata Yus Rizal, Rabu (15/5/2024).

Usai penyaluran bantuan dana operasional siap pakai ini, kata dia, ke depan kembali akan menyusul bantuan lainnya untuk penanggulangan bencana banjir di Konawe Utara.

“Nanti akan ada bantuan, tergantung kebutuhan dan usulan pemerintah daerah,” tutupnya.

Diketahui, selain mendapatkan dana siap pakai senilai Rp150 juta, Pemda Konawe Utara juga mendapatkan bantuan dari BNPB berupa, sembako 200 paket, makanan siap saji 200 PCS. Family Kit 200 PCS, Hyigine Kit 200 PCS, Velbed 20 unit, matras 200 lembar dan selimut 200 lembar.

Rincian bantuan lainnya yakni kasur lipat 100 lembar, tenda pengungsi 2 unit, tenda keluarga 25 unit, pompa apung 5 unit, pompa alkon 5 unit, genset 2 unit, light tower 1 unit, dan chain show 5 unit.

Penulis: Nabil Artha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *