Bocor, Partai Islam jadi Koalisi Lukman Abunawas Maju Pilgub Sultra

Metro Kota, Politik247 Dilihat

KENDARI, LONTARASULTRA.COM – Mantan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Lukman Abunawas semakin serius maju pilgub pada 27 November 2024 mendatang. Bahkan ia sudah membocorkan partai politik (parpol) yang akan menjadi koalisi kelak.

Ketua DPD PDIP Sulawesi Tenggara itu mengungkapkan, parpol yang akan menjadi koalisi maju pilgub nanti, yakni partai yang berasaskan Islam. Meski demikian, Lukman masih enggan menyebut nama parpol tersebut.

“Saya sudah komunikasi. Saya mencari parpol yang berbasis agama,” beber Lukman saat ditemui di Kantor DPD PDIP Sulawesi Tenggara, Rabu (1/5/2024).

Menurutnya, dengan jumlah 6 kursi PDIP di DPRD Sulawesi Tenggara, tinggal butuh 3 kursi lagi untuk memenuhi syarat minimal mendaftar calon gubernur di KPU. Melalui partai Islam tersebut, sudah memenuhi syarat.

“Dan itu sudah cukup kalau berkoalisi,” ungkapnya.

Sementara Juru Bicara DPD PDIP Sulawesi Tenggara, Agus Sana’a menerangkan, sudah 4 bakal calon yang mengembalikan formulir pendaftaran cagub, yakni Lukman Abunawas, Hugua, Andi Sumangerukka dan Asmin.

Tahapan selanjutnya, para kandidat bakal disurvei dan yang memiliki elektabilitas tertinggi bakal diusung oleh DPP PDIP untuk mendapat rekomendasi.

Agus menekankan, PDIP memprioritaskan kader, meski demikian non kader juga berpeluang mendapat rekomendasi partai.

“Tetapi kader yang ikut calon kepala daerah yang diutamakan,” ucapnya.

Jika ditelisik, partai berasaskan Islam yang memiliki kursi di DPRD Sultra hasil Pemilu 2024, yakni PKS dengan 4 kursi, PBB 4 kursi, PPP 3 kursi dan PKB 3 kursi.

Penulis: Nabil Artha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *