Korban Banjir di Kolaka Dapat Bantuan Ketua PBB Sultra Ruksamin

Daerah70 Dilihat

KOLAKA, LONTARASULTRA.COM – Bencana banjir melanda Kabupaten Kolaka di tiga kecamatan yakni Samaturu, Latambaga dan Kolaka, Sabtu (20/1/2024) lalu.

Atas kejadian tersebut, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Bulan Bintang (PBB) Sulawesi Tenggara (Sultra) dibawa komando Ruksamin, bergerak sigap menyalurkan bantuan ribuan sembako kepada masyarakat yang terdampak banjir, Minggu (21/1/2024).

Ruksamin memimpin langsung penyaluran bantuan sembako di beberapa wilayah yang terdampak banjir. Selain pengurus DPW PBB Sultra, turut hadir pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PBB Kolaka, Caleg DPRD Kolaka, dan Caleg DPRD Provinsi dapil Kolaka Raya.

Ruksamin mengaku sangat perihatin dan berduka atas bencana banjir yang melanda warga Kabupaten Kolaka.

“Mudah-mudahan warga Kolaka yang terdampak banjir diberikan ketabahan dalam menghadapi dan melalui bencana ini,” kata Ruksamin.

Hadirnya PBB Sultra di tengah warga yang terdampak banjir, kata dia, diharap bisa menjadi salah satu pelipur lara atas kesedihan atau kesulitan yang mereka hadapi.

“Alhamndulillah, hari ini kami salurkan bantuan sembako. Kendati tidak seberapa, mudah-mudahan bisa mengurangi beban warga yang terdampak banjir,” ujar Ruksamin.

Bupati Konawe Utara dua periode itu menambahkan, terdapat tiga rumah warga yang hanyut akibat banjir dan 1 rumah rusak berat, bakal diberikan bantuan khusus uang tunai Rp 10 juta masing-masing rumah.

“Bantuan uang tunai tersebut untuk perbaikan masing-masing rumah,” tandas Ruksamin.

Diketahui, berdasarkan laporan dari tim BPBD Kolaka, sebanyak 3 RW di Kelurahan Sakuli, Kecamatan Latambaga terkena dampak banjir. Ketiga RW tersebut yakni RW 2 sebanyak 25 kepala keluarga (KK) atau 98 orang, RW 3 sebanyak 26 KK atau 128 orang, dan RW 4 sebanyak 38 KK atau 139 orang.

Kemudian di Desa Ulu, Konaweha, Kecamatan Samaturu sebanyak 2 rumah terbawa arus dan 10 rumah terdampak banjir bandang. Sementara di Kelurahan Watuliandu, Kecamatan Kolaka, sebanyak 53 KK atau 220 orang terdampak banjir.

Penulis: Nabil Artha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *